Halo semua !!!
Udah lama nih ga update
Kali ini gw mau cerita tentang motor gw Megapro tahun 2004 yg gw kasih nama bang mega..hehee
Kali ini gw mau cerita tentang motor gw Megapro tahun 2004 yg gw kasih nama bang mega..hehee
nih dia penampakannya + ridernya yg ganteng..hahahaa
Ok lanjut..
gw mau cerita modifikasi motor gw 3 November 2011 yang lalu, setelah umurnya 5 tahun nih motor turun mesin juga akhirnya buat servis besar. Akhirnya berangkat lah gw ke bengkel PMS (Ponorogo Motor Sport) di petukangan setelah sebelumnya janjian dlu sm ownernya Mas Parno.
Mumpung lagi di bongkar mesinnya sekalian aja di porting polish nih si bang mega di bagian head block biar lebih mantap.
apa itu porting polish?
PnP sendiri adalah suatu pekerjaan tangan dengan menggunakan alat khusus (Porting Polish Kits) yang tujuan utamanya adalah memperbaiki efisiensi volumetric suatu mesin untuk mendapatkan performa mesin yang maksimal dan efisien. Biasanya mesin dari pabrik efisiensi volumetricnya hanya dalam kisaran 70%, tapi dengan PnP efisiensi volumetricnya bisa ditingkatkan menjadi kurang lebih 80-85%.
ada yg bilang juga Porting n polish itu menggeser peak power moter ke RPM yang lebih tinggi jadi nafas motor lebih panjang.
Selesai Pnp di cek lah komponen2 mesin yang perlu di ganti, ternyata ring piston, karet tensioner sudah perlu diganti. trus gw juga udh bawa noken as Honda TIger buat di pasang di bang mega. Katanya sih noken as si macan ini lebih enak dri bawaan megapro soalnya durasi bukaan dan tutup klepnya lebih lama. Trus gw juga ganti per kopling tiger dan lepas Judder Spring (kampas kopling kecil+ringnya) ,jadi skrg pake kombinasi 5 kampas kopling besar+4 plat kopling. katanya sih bikin hentakan koplingnya lebih mantap.
Akhirnya selesai juga tuh servis besar+Porting Polishnya sore2. waktunya nyobain performa bang mega setelah di ‘perkosa’..hehehe
waktunya gw nyobain motor, wihh pas lepas kopling loncat-loncatan motornya kaya kuda..hehee , putaran atasnya jg mantep banget… pokoknya performanya beda lah sm sebelumnya.. oiya sebelumnya gw jg udah ganti CDI Varro yg limitnya lebih panjang dan juga koil protec ground.
Selesai nyobain, langsung ke meja kasir nyamperin mas parno buat bayar,,
Rinciannya:
1. Shell Helix 4t 48rb
2. Noken as Tiger AHM 230rb
3. Ring Piston AHM 125rb
4. Karet Tensioner AHM 100rb
5. Per Kopling Tiger 4 buah 70rb
6. Kampas Kopling 1 lembar 20rb
7. Ongkos Bongkar pasang+porting polish 125 rb
Total Semuanya 718 rb, minggu depannya disuruh balik lagi buat ngecek pasca servis besar, gratis servisnya cm olinya aja yg bayar.
Selama seminggu di pake ada yg gw keluhin dari nih motor yaitu mesinnya cepet panas dan businya putih, dugaan sementara sih krn bensinnya terlalu irit. Akhirnya setelah seminggu balik lagi ke bengkel ngobrol sm Mas Parno tentang keluhan gw, di putuskan utk menaikkan ukuran spuyer biar asupan bensin lebih banyak. Setelah jetting beberapa kali akhirnya dapet kombinasi spuyer Mainjet 122 dan Pilotjet 40. Standar meggy primus itu MJ 105 PJ 38, sebelumnya gw udh pernah ganti Pilotjet ukuran 40 waktu ganti koil protec.
Kelar disetting, gw cobain lg deh nih motor. Wihh tarikan dan putaran atasnya lebih mantap dari minggu kmrn, mungkin krna efek penggantian spuyer td. Pokoknya mantap lah!
Lanjut, nyamperin mas parno buat bayar. Rinciannya :
1. Oli Enduro 4t Racing 40rb (kenapa ganti oli lagi baru seminggu? untuk membilas serpihan2/partikel2 halus mesin pasca proses porting polish seminggu yg lalu)
2. Mainjet Keihin ukuran 122 60rb
Total abis 100rb.. abis dah ni duit..hehee
Next Project!! c70 basik star Stroke Up, berhubung ada mesin kharisma nganggur manfaatin si RIRIS dulu :D ...
Sekian sharing gw tentang Megapro, semoga bermanfaat buat penunggang meggy lainnya.
Wassalam
Komentar
Posting Komentar