Langsung ke konten utama

Servis Besar + Porting n Polish Megapro

  




Halo semua !!!

Udah lama nih ga update
Kali ini gw mau cerita tentang motor gw Megapro  tahun 2004 yg gw kasih nama bang mega..hehee
nih dia penampakannya + ridernya yg ganteng..hahahaa

Ok lanjut..
gw mau cerita modifikasi motor gw 3 November 2011 yang lalu, setelah umurnya 5 tahun nih motor turun mesin juga akhirnya buat servis besar. Akhirnya berangkat lah gw ke bengkel PMS (Ponorogo Motor Sport) di petukangan setelah sebelumnya janjian dlu sm ownernya Mas Parno.
Mumpung lagi di bongkar mesinnya sekalian aja di porting polish nih si bang mega di bagian head block biar lebih mantap.
apa itu porting polish?
PnP sendiri adalah suatu pekerjaan tangan dengan menggunakan alat khusus (Porting Polish Kits) yang tujuan utamanya adalah memperbaiki efisiensi volumetric suatu mesin untuk mendapatkan performa mesin yang maksimal dan efisien. Biasanya mesin dari pabrik efisiensi volumetricnya hanya dalam kisaran 70%, tapi dengan PnP efisiensi volumetricnya bisa ditingkatkan menjadi kurang lebih 80-85%.
ada yg bilang juga Porting n polish itu menggeser peak power moter ke RPM yang lebih tinggi jadi nafas motor lebih panjang.
Selesai Pnp di cek lah komponen2 mesin yang perlu di ganti, ternyata ring piston, karet tensioner sudah perlu diganti. trus gw juga udh bawa noken as Honda TIger buat di pasang di bang mega. Katanya sih noken as si macan ini lebih enak dri bawaan megapro soalnya durasi bukaan dan tutup klepnya lebih lama. Trus gw juga ganti per kopling tiger dan lepas Judder Spring (kampas kopling kecil+ringnya) ,jadi skrg pake kombinasi 5 kampas kopling besar+4 plat kopling. katanya sih bikin hentakan koplingnya lebih mantap.
Akhirnya selesai juga tuh servis besar+Porting Polishnya sore2. waktunya nyobain performa bang mega setelah di ‘perkosa’..hehehe
waktunya gw nyobain motor, wihh pas lepas kopling loncat-loncatan motornya kaya kuda..hehee , putaran atasnya jg mantep banget… pokoknya performanya beda lah sm sebelumnya.. oiya sebelumnya gw jg udah ganti CDI Varro yg limitnya lebih panjang dan juga koil protec ground.
Selesai nyobain, langsung ke meja kasir nyamperin mas parno buat bayar,,
Rinciannya:
1. Shell Helix 4t 48rb
2. Noken as Tiger AHM 230rb
3. Ring Piston AHM 125rb
4. Karet Tensioner AHM 100rb
5. Per Kopling Tiger 4 buah 70rb
6. Kampas Kopling 1 lembar 20rb
7. Ongkos Bongkar pasang+porting polish 125 rb
Total Semuanya 718 rb, minggu depannya  disuruh balik lagi buat ngecek pasca servis besar, gratis servisnya cm olinya aja yg bayar.
Selama seminggu di pake ada yg gw keluhin dari nih motor yaitu mesinnya cepet panas dan businya putih,  dugaan sementara sih krn bensinnya terlalu irit. Akhirnya setelah seminggu balik lagi ke bengkel ngobrol sm Mas Parno tentang keluhan gw, di putuskan utk menaikkan ukuran spuyer biar asupan bensin lebih banyak. Setelah jetting beberapa kali akhirnya dapet kombinasi spuyer Mainjet 122 dan Pilotjet 40. Standar meggy primus itu MJ 105 PJ 38, sebelumnya gw udh pernah ganti Pilotjet ukuran 40 waktu ganti koil protec.
Kelar disetting, gw cobain lg deh nih motor. Wihh tarikan dan putaran atasnya lebih mantap dari minggu kmrn, mungkin krna efek penggantian spuyer td. Pokoknya mantap lah!
Lanjut, nyamperin mas parno buat bayar. Rinciannya :
1.  Oli Enduro 4t Racing 40rb (kenapa ganti oli lagi baru seminggu? untuk membilas serpihan2/partikel2 halus mesin pasca proses porting polish seminggu yg lalu)
2. Mainjet Keihin ukuran 122 60rb
Total abis 100rb.. abis dah ni duit..hehee
Next Project!! c70 basik star Stroke Up, berhubung ada mesin kharisma nganggur  manfaatin si RIRIS dulu :D  ...
Sekian sharing gw tentang Megapro, semoga bermanfaat buat penunggang meggy lainnya.
Wassalam

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Solusi Zenfone 2 Soft/Hard Bricked - Stuck on Logo USB [ZE551ML / ZE550ML]

Yooooo waaat saaap gaaaeees !! Kombeek witmi egain ....  Masih dengan Tutorial nih   Kali ini saya mau share tutorial cara mengatasi HH yang Hardbrick ataupun softbrick, biasanya HH kalau di hidupin dia cuma stuck di Logo ASUS ataupun muncul Logo USB putih mau masuk ke droidboot atau recovery mode pun kagak bisa   Trus gimana solusinya? Kamu bingung ngatasin nya ?  Baca aja tutorial ini    Di jamin beres dah  Sementara tutorial ini untuk Zenfone 2 dulu yah gaess... Zenfone lain menyusul    Bahan: DOWNLOADS (  Menonaktifkan Ad-Blok. Jika tidak link tidak akan bekerja .) : 1. Intel ISoC :  DISINI 2. XFSTk Downloader :  Di Sini 3. Flash files : a) 551 ML :  DISINI                      b) 550 ML :  DISINI 4. Asus Flash Tool :  DISINI 5. Raw Firmware : a) 551 ML :  DISINI                b) 550 ML :  DISINI 6. Intel USB Drivers :  DISINI  Atau DISINI Langkah : 1. Disable Driver Signature Verification First (Win 8/8.1/10) Tutorial - Buka Command Prompt (admin) - Ketik:    bcdedit /set testsi

Instal Stock Recovery Via Fastboot oppo

Hai Ofans... Kalian pasti pernah mengalami Bootloop bukan? Kemudian terjadi kendala pada saat ingin memasuki Recovery Mode... Ada salah satu jalan untuk mengatasinya yaitu dengan menginstall Stock Recovery lewat Fastboot... Berikut ini adalah step by step proses instalasinya Ofans : Step 1 : Enable USB Debugging Mode pada Oppo Smartphone, untuk melakukannya silahkan masuk ke Settings > Developer Options dan enable the USB Debugging... Step 2 : Download Stock Recovery image untuk OPPO Smartphone sesuai dengan tipenya masing - masing... Step 3 : Download ADB dari link berikut : DOWNLOAD  dan kemudian diextract... Step 4 : Copy Recovery file yang di download dan dipastekan ke dalam folder ADB yang sudah diextract... Simak Yuuk :   Cara mengganti bar pesan status baru di OPPO F3 Plus Step 4 : Connect Oppo Smartphone ke PC dalam keadaan Fastboot Mode dengan cara tekan Tombol OFF dan Tombol Volume UP bersamaan. Step 5 : Buka Folder ADB di PC yang telah didownload dan diextract ta

Cara Flashing Lenovo A3500HV

halo apa kabar hari ini,kali ini saya akan membahas cara flashing ulang Lenovo A3500,untuk kendala seperti,boot loop,stuck di Logo Hang,dan Lemot bisa kita atas dengan melakukan flashing ulang untuk bahan bahan saya sediakan di bawah sini. BAHAN BAHAN UNTUK MELAKUKAN FLASHING ULANG LENOVO A3500HV Download Driver Lenovo Download SP-FLASH TOOL Download Frimware Lenovo A3500 HV Install driver yang sudah didownload  kemudian install Ekstrak juga SP Flash Tool dan Frimware nya Buka folder SP flash_tool.exe Pojok kanan Tekan tombol Scatter-loading Cari dan pilih MT6572_Android_scatter dari folder Stock ROM Pastikan keadaan mati Pilih tombol Download pada flashtool Sambungkan ponsel ke PC/ LAPTOP dengan menekan tombol VOLL ATAS ATAU BAWAH Flashing akan berjalan jika driver sudah terinstal dengan benar Tunggu hingga ada tulusan OK itu tandanya Flashing telah selesai